Benarkah Hujan Di Hari Imlek Warga Tionghoa berkelimpahan Rejeki Sepanjang Tahun?

Hujan Di Hari Imlek, Warga Tionghoa berkelimpahan Rejeki Sepanjang Tahun – Masih membahas tentang hujan. Fenomena alam yang sebetulnya bisa dibilang fenomena biasa karena dari dulu datang secara berkala sepanjang tahun ini kadang memang membuat kita repot. Apalagi kalau mau ada acara hajatan, bagi orang yang masih percaya mitos, pasti akan melakukan Cara Menangkal Hujan Ala Masyarakat Indonesia. Hujan juga bisa menghambat aktivitas kerja sehari-hari kita. Dan berbicara tentang kerja, katanya sih orang Jepang juaranya. Mereka nomor satu soal giat dan tekun. Tapi kalau hujan, orang yang mempunyai kebiasaan/adat makan yang berbeda dengan Indonesia ini juga mempunyai mitos cara menangkalnya, silakan baca: Cara Menangkal Hujan Ala Jepang.
imlek
Intinya kebanyakan orang tidak suka bila terjadi hujan siang dan malam. Namun hal itu tidak berlaku untuk orang Tionghoa. Bila di saat hari rayanya mereka yaitu imlek terjadi hujan, maka dipercaya mereka akan mendapat kelimpahan rezeki sepanjang tahun itu.

Mengapa Kalau Imlek Terjadi Hujan Pertanda Kemakmuran

Sebetulnya ini masalah tradisi saja. Kita tau bahwa nenek moyang mereka adalah petani. Sehingga kalau hujan menandakan tanaman mereka akan kecukupan air, sehingga bisa panen dan ada rezeki.

Sekilas Tentang Pengertian Imlek

Imlek adalah perayaan tahun baru pada penanggalan Cina. Menurut sebagian orang, perayaan imlek bukanlah perayaan agama. Jadi seluruh orang Tionghoa di manapun dan beragama apapun boleh merayakannya. Imlek di Indonesia biasanya datang bertepatan dengan musim hujan. Jadi jangan heran kalau imlek pasti ada hujan dan angin lumayan besar.
Merayakan imlek biasanya diisi dengan kegiatan berkunjung ke rumah saudara untuk kumpul-kumpul, jamuan makan-makan seperti kue ranjang dan sebagainya, bahkan ada yang main kartu. Seperti adat Indonesia, aturannya orang yang lebih muda sebaiknya yang datang mengunjungi rumah orang yang lebih tua. Selain kegiatan tersebut ada juga bagi-bagi angpau yaitu amplop merah yang berisi uang. Katanya, orang yang ‘berhak’ mendapatkan angpau adalah usia anak-anak yang belum bekerja. Kalau sudah dewasa dan bisa bekerja sendiri sebaiknya jangan memintanya. Untuk meramaikan perayaannnya ada barongsai, petasan, kembang api, dan ornamen aksesoris lainnya yang berwarna merah mencolok. Mereka tidak takut mitos Saat Terjadi Petir Musim Hujan, Memakai Baju Merah Bisa Menyebabkan Terambar.
Pantangan-Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Hari Raya Imlek
Meskipun imlek adalah perayaan yang biasanya dirayakan dengan suka cita, namun ada hal-hal yang secara turun temurun dituturkan tidak boleh dikerjakan pada hari tersebut.
  • Pada Hari Raya Imlek tidak boleh bersih-bersih rumah seperti menyapu, mengepel, dan sebagainya.Meskipun pada hari imlek akan banyak makanan dan sanak keluarga berkumpul, namun bila sisa makanan tercecer dimana-mana, maka tidak boleh dibersihkan. Orang Tionghoa tidak akan menyapu rumah sehari penuh. Mitosnya dipercaya menyapu akan membuang rezeki.
  • Pada Hari Raya Imlek tidak boleh keramas.Ini juga alasannya mirip seperti di atas.
  • Pada Hari Raya Imlek tidak boleh dipukul, membicarakan hal-hal yang sedih, horor, kasar, ataupun makian. Alasannya orang yang melakukan hal ini akan mendapat sial sepanjang tahun.
  • Pada Hari Raya Imlek tidak boleh berhutang, kalau tidak akan diliputi kemiskinan dan akan berhutang terus-menerus. Untung saja ada hari imlek, hari dimana kalau ada yang berhutang maka akan dikembalikan.

Sejarah Perayaan Imlek Di Indonesia

Sebelumnya perayaan imlek di Indonesia merupakan hal yang tertutup. Mereka merayakannya hanya sebatas lingkungan keluarga. Namun sejak Presiden Gusdur, orang Tionghoa diberi kebebasan bahkan hari imlek menjadi tanggal merah di kalender Indonesia. Mereka pun bisa merayakannya di area terbuka/publik.
Begitulah alasan mengapa kalau hujan di hari imlek dipercaya akan membawa kemakmuran sepanjang tahun. Dipercaya begitu karena imlek sendiri jatuh pada tanggal pertama bulan pertama. Pada hari itu sanak saudara saling mengucapkan Gong Xi Fa Chai, batas kesempatan pengucapan seperti itu sampai 15 hari ke depan atau yang biasa dikenal Cap Go Meh.

phone terms:

honor cun-l22 price, cara mendapat freya mobile legend, nomao camera software, honor cun-l22, honarmobail, Huawei tit ALOO price in bangladesh, Samsung Galaxy J2 CyanogenMod 13 Android 6 0 1 Rom zip

Tags: #lokal #mancanegara #mitos

Arti baper, mager, dan gabut atau magabut
Arti baper, mager, dan gabut atau magabut
Arti baper, mager, dan gabut atau magabut.
Kumpulan aplikasi nokia lumia 520 terbaik
Kumpulan aplikasi nokia lumia 520 terbaik
Update : Daftar kumpulan aplikasi terbaik untuk
Ideku untuk PLN: dari listrik pintar sampai internet pintar
Ideku untuk PLN: dari listrik pintar sampai internet pintar
Dari Desa Bumirejo Kecamatan Ulujami, Pemalang –
Kamus bahasa gaul anak muda sekarang lengkap beserta artinya
Kamus bahasa gaul anak muda sekarang lengkap beserta artinya
Kamus bahasa gaul anak muda sekarang lengkap
Must read×

Top